Senin, 14 November 2016

Sejarah Terbentuknya Super Junior

Sejarah Terbentuknya Super Junior





2000–2005: Pembentukan dan Debut
Tahun 2000, SM Entertainment menyelenggarakan audisi luar negeri pertama di Beijing 101, Tiongkok dan merekrut Han Geng, yang terpilih dari tiga ribu peserta. Di tahun yang sama, Leeteuk, Yesung, dan Eunhyuk direkrut setelah mengikuti audisi dari sistem pemilihan tahunan dari perusahaan tersebut di Seoul. Sungmin dan Donghae menjadi trainee setelah keduanya memenangkan posisi pertama di sebuah kontes yang disponsori oleh SM tahun 2001. Tahun 2002, Heechul dan Kangin direkrut oleh agen pencarian bakat SM di Korea sementara Kibum ditemukan di Los Angeles, Kalifornia. Siwon menjadi seorang trainee setelah ditemukan tahun 2003. Shindong menjadi trainee tahun 2004. Ryeowook memenangkan kompetisi bernyanyi Festival Pemuda Chin Chin 2004 dan menjadi trainee hanya dua bulan sebelum debut tahun 2005. Kyuhyun kemudian bergabung dengan grup tersebut pada tahun 2006, setelah menjadi juara tiga di Festival Pemuda Chin Chin 2005.
Di awal 2005, Lee Soo-man mengumumkan bahwa dia tengan menyiapkan grup projek pria untuk didebut pada akhir tahun. Dia menyebut grup bernyanyi ini akan menjadi "Pintu Gerbang Stardom Asia," karena kebanyakan member dari grup ini terpilih dari pengalaman mereka sebagai aktor, MC, model, Penyiar radio sebelum debut. Kala itu Heechul dan Kibum sudah memantapkan diri sebagai aktor, dan sebagian besar member yang lain telah tampil di berbagai acara Televisi dan media.Terinspirasi oleh konsep rotasi girl group asal Jepang Morning Musume, Lee menyatakan bahwa grup ini juga akan mengalami perubahan member, dimana member baru akan mengganti member tertentu tiap tahunnya untuk menjaga grup tetap muda dan solid. Konsep tersebut saat itu menjadi hal baru di pasar K-pop.

Selama beberapa saat grup tersebut dirumorkan bernama O.V.E.R, singkatan dari "Obey the Voice for Each Rhythm."  Namun, sebelum diumumkan secara resmi, perusahaan menyebut mereka junior, sebagai gambaran usia muda para member saat mereka menjadi trainee SM Setelah para member menampilkan kemampuan mereka yang berbeda-beda pada perusahaan setelah piknik, perusahaan pun memutuskan nama grup mereka adalah Super Junior, dan secara resmi menjadi Super Junior'05, generasi pertama Super Junior. Super Junior 05 menampilkan penampilan pra-debut di kanal Korea Mnet pada 11 September 2005. Saat itu, mereka menampilkan gaya yang beragam mulai dari tarian hip-hop, dimana mereka menari diiringi B2K "Take It to the Floor". Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae masing-masing juga menampilkan dance diiringi lagu Usher "Caught Up." Namun, penampilan tersebut baru ditayangkan pada 16 September 2006 sebagai sebuah segmen di Super Junior Show, acara televisi dokumenter grup pertama mereka
Grup tersebut debut secara resmi di program musik Inkigayo' SBS' pada November 2005, menampilkan single pertama mereka"Twins (Knock Out)". Sebuah digital single yang terdiri dari "Twins (Knock Out)", "You Are the One", tiga lagu tambahan dirilis secara online pada 8 November, diikuti perilisan album debut mereka, Twins pada 6 Desember 2005. Album tersebut terjual 28.536 kopi di bulan pertama dirilis dan berada di posisi ketiga monthly chart bulan Desember 2005.

2006–2007: U, Don't Don, dan Sukses Komersil
Bulan Februari 2006, Super Junior 05 mulai menampilkan "Miracle", lagu promosi single kedua dari album debut mereka. "Miracle" memuncaki tangga lagu Thailand, drawing interest dari pasar Internasional. Begitu promosi "Miracle" berakhir, SM Entertainment mulai memilih member baru untuk generasi kedua Super Junior, Super Junior 06. Perusahaan bahkan telah menyiapkan sebuah daftar member terpilih untuk wisuda dari grup. Namun, perusahaan membuang konsep rotasi setalah menambahkan member ketiga belas, Kyuhyun, tahun 2006. Grup tersebut kemudian dikenal dengan nama hanya Super Junior, tanpa "05". Member Eunhyuk secara tidak langsung menjelaskan di sebuah variety show bahwa grup junior mereka, SHINee bisa jadi bagian dari grup, tapi that was contemplated sebelum Kyuhyun menghancurkan konsep rotasi tersebut.

Setelah penambahan Kyuhyun, Super Junior merilis single "U" untuk download bebas pada 25 Mei 2006 di website resmi mereka. Jumlah download "U" mencapai 400.000 dalam waktu lima jam setelah dirilis dan ultimately surpassed 1.7 juta download, membuat server crash. Physical single "U" yang terdiri dari tiga lagu dirlis pada 6 Juni, terjual sekitar 81.000 unit di Korea Selatan. Single tersebut menjadi salah satu lagu terpopuler Korea pada tahun tersebut, menduduki posisi pertama selama lima minggu berturut-turut di dua program musik top Korea. Pada akhir tahun, Super Junior mengoleksi tujuh penghargaan di lima acara penghargaan musik top Korea, dan menjadi satu dari tiga Pendatang Baru terbaik di 21st Golden Disk Awards.

Di akhir 2006, Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung membentuk subgroup Super Junior-K.R.Y., sub-unit pertama Super Junior. Mereka menampilkan single pertama mereka "The One I Love", lagu tema dari drama Hyena, di program musik Music Bank KBS tanggal 5 November 2006. Bulan February 2007, Leeteuk, Heechul, Kangin, Sungmin, Shindong dan Eunhyuk membentuk Super Junior-T, sebuah grup yang menyanyikan jenis musik trot. mereka merilis single pertama mereka "Rokuko" tanggal 23 Februari 2007, melakukan penampilan debut di Inkgayo dua hari setelahnya.

Album kedua Super Junior tadinya direncanakan rilis pada tahun 2006 release, tapi karena kecelakaan yang dialami Kyuhyun, several accidental setbacks, Don't Don tidak dirilis sampai 20 September 2007.  Penjualan Don't Don mencapai 60.000 kopi dihari pertama rilis dan berada diposisi pertama char bulanan pada September 2007. Meskipun Don't Don menerima beragam ulasan, album tersebut terjual 160.000 kopi pada akhir tahun, menjadi penjualan album terbaik kedua sepanjang tahun 2007. Super Junior menerima tujuh nominasi di Mnet/KM Music Festival 2007, dan berhasil memenangkan tiga penghargaan antara lain, Artist of the Year. Super Junior mendapat dua penghargaan di Golden Disk Awards ke 22, antara lain; Disk Bonsang award.

2008–2009: Sorry, Sorry dan titik balik dalam karier

Super Junior performing at SMTown Live '08 in Bangkok, Thailand
Super Junior-M, subgrup Mandopop Super Junior yang beranggotakan Han Geng, Siwon, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook, dan member Super Junior-M Henry and Zhou Mi, dibentuk bulan April 2008. Super Junior-M menjadi subgrup Super Junior tersukses, mencatat penjualan tiket konser mereka yang habis di Hong Kong, kemunculan mereka di program variety Tiongkok tercatat menerima rating yang tinggi,  dan saat itu tercatat sebagai idol grup dengan kontrak iklan terbanyak di Tiongkok. Mereka memenangkan berbagai penghargaan di festival musik Tiongkok, dan menuai pujian setelah merilis single "Super Girl" dari rekaman kedua mereka Super Girl, yang membuat mereka dimonasikan sebagai Grup Vokal Terbaik di Golden Melody Awards ke21. Subgrup keempat Super Junior dibentuk hanya beberapa saat setelah Super Junior-M debut. Beranggotakan lima member Super Junior-T dan Yesung, membentuk subgroup Super Junior-H, merilis extended play (EP) pertama mereka Cooking? Cooking! tanggal 5 Juni 2008. Bulan November 2008, Super Junior-T melakukan debut di Jepang, berkolaborasi dengan komedian Jepang, duo Moeyan. Single mereka "ROCK&GO", versi berbahasa Jepang dari "Rokuko", berada diposisi 19 Oricon Daily Charts dan merangkak ke posisi 2 tiga hari setelahnya.

Tur Asia pertama Super Junior bertajuk Super Show, dimulai tanggal 22 Februari 2008 di Seoul. The group held a successful two-day fan meeting in Japan at the Nippon Budokan in Tokyo, selling out 12,000 tickets in several days. Grup ini merilis kompilasi single "U/Twins", yang berisi versi Jepang "U" untuk versi terbatas, untuk melengkapi acara tersebut. Single ini berada di posisi keempat Oricon Daily Chart Jepang di hari pertama rilis namun kemudian turun empat posisi dihari keduanya. Single ini memecahkan rekor sebagai single Korea pertama yang menempati posisi 10 teratas di Oricon Weekly Chart Jepang.

Grup ini merilis album studio ketiga Sorry, Sorry tanggal 12 Maret 2009. It was their first album to debut at number one on the Hanteo Charts, selling over 29,000 copies the first day.  Hanya dalam waktu satu bulan setelah dirilis, album ini menjadi album terlaris di Korea Selatan tahun 2009, dan total terjual 250.000 kopi di Korea Selatan. Templat:Unreliable source? Album K-pop album dengan penjualan terbaik di Taiwan, Album ini juga tercatat sebagai album K-pop pertama yang berada di posisi pertama tangga lagu di Thailand, Tiongkok, dan Filipina. Lagu "Sorry, Sorry" menjadi hit dalam waktu sekejap, mengkoleksi total sepuluh award selama sepuluh minggu berturut-turut di Korea, dan memecahkan rekor di Tawan dengan berhasil bertahan di posisi pertama selama tiga puluh tujuh minggi berturut-turut di K-pop singles chart Taiwan. "Sorry, Sorry" menerima kesuksesan di dalam maupun luar negeri, dan sejak saat itu menjadi salah satu grup dengan penjualan single terbaik di Korea Selatan. Sorry, Sorry memenangkan beberapa penghargaa di Golden Disk Awards ke 24, termasuk penghargaan tertinggi Disk Daesang (Album of the Year).

Setelah kesuksesan Sorry, Sorry, Super Junior kembali menyelenggarakan tur konser berskala Asia-mereka bertajuk Super Show 2, tanggal 17 Juli 2009 di Seoul.

2010–2011: Bonamana, perubahan personil, dan pengakuan internasional

Terlepas dari kesuksesan yang mereka raih, grup ini digoncang masalah hukum dan perubahan personil saat tur konser berlangsung. Meskipun Kibum muncul di iklan dan video promosi Super Show 2, dia tidak berpartisipasi secara resmi dalam tur konser tersebut, dan mengumumkan bahwa dia meninggalkan grup untuk sementara waktu untuk mengejar karier aktingnya. Bulan Oktober 2009, Kangin divonis kasus tabrak lari setelah mobilnya menabrak taksi yang tengah parkir berisi tiga penumpang. Bulan Desember 2009, Han Geng menggugat SM Entertainment, dengan tuduhan kontrak yang dijalanninya tak berdasar-hukum, kejam, dan mengabaikan hak-haknya. Dia keluar dari grup, dan pada bulan yang sama Kangin mengumumkan masuk wajib militer.

Dengan hanya sepuluh member tersisa, Super Junior kembali merilis album studio keempat, Bonamana bulan Mei 2010. Meskipun album ini belum mampu melampaui kesuksesan Sorry, Sorry namun mencatat penjualan album total 300.000 kopi di Korea Selatan, angka ini melebihi penjualan Sorry, Sorry. Album ini memuncaki tangga musik Jepang-Korea selama 61 minggu di Taiwan, memecahkan rekor mereka sebelumnya.

Untuk mempromosikan album ini, Super Junior menyelenggarakan tur berskala Asia-bertajuk Super Show 3 pada tahun 2010 dan 2011, and had sold-out concerts for each stop. Bulan Februari 2011, Super Junior merilis versi film 3D dari tur mereka berjudul, Super Show 3 3D di semua bioskop CGV dan bioskop film Primus. The movie debuted at number six on the box office charts and went off to become the best-selling 3D movie in Korea. Setelah menyelesaikan tur di Jepang, mereka merilis Super Junior Japan 'Super Show 3' Opening Commemorative Album bulan Februari 2011, yang berada diposisi kedua chart penjualan online Tower Records Jepang. Versi DVD dari Super Junior Japan Limited Special Edition – Super Show 3 juga menduduki posisi kedua, semenata versi CD menduduki posisi 10. Album tersebut juga bertahan di posisi ketiga Chart harian Oricon selama dua hari berturut-turut dan posisi enam di chart mingguan Oricon. Mengikuti kesuksesan ini, mereka kembali merilis versi Jepang dari Bonamana bulan Juni 2011, yang langsung menduduki posisi kedua chart single harian Oricon, terjual sekitar 59.000 kopi dihari pertama perilisan, namun, SM menyatakan itu bukan debut resmi Super Junior di Jepang, mereka akan didebut dalam jangka waktu tertentu .

Antara kekosongan Super Show 3, grup ini ikut terlibat di SMTown Live '10 World Tour dan tur ke Los Angeles, Paris, Tokyo dan New York bersama dengan artis-artis semanajemen mereka di SM Entertainment, tampil di luar Asia untuk pertama kalinya. Penampilan Super Junior mendapat sambutan baik dari media setempat, dan mereka dianugerahi sebagai Ikon Budaya Pop Nasional atas peran mereka dalam menyebarkan Hallyu Wave (demam Korea), menerima Minister of Culture Awards dari Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea di Pop Culture Art Awards. Mereka muncul di program Talk Asia CNN, dan mengisahkan tentang popularitas mereka dan strategi berkembang di industri musik. Grup ini dikenal di seluruh Asia, mulai di kenal di Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Peringkat 30 teratas ranking “Pria Terseksi di Dunia di Peru berisi semua member Super Junior dalam daftarnya They gave exclusive interviews to Slovenian and Iranian magazines,  dan dilipilih oleh fans Hallyu Brazil sebagai artis Korea nomor satu yang mereka inginkan mengunjungi Brazil. TV Azteca Mexico dan BBC Inggris mengakui Super Junior sebagai ikon pemimpin efek Hallyu.

2011–2012: Mr. Simple dan tur dunia, Super Show 4

Mr. Simple debut di posisi pertama Gaon Chart Korea Selatan, mencatat penjualan 287.427 kopi. Album ini bertahan di posisi pertama selama empat minggu dan mencatat penjualan sekitar 441.000 di Korea sampai Oktober 2011. Menduduki posisi ketiga di Billboard World Albums Chart dan posisi 17 di Oricon Album Chart Jepang. Lagu Mr. Simple memenangkan posisi pertama dihari mereka melakukan comeback di acara musik M!Countdown MNet. Bulan September 2011, Heecul meninggalkan grup untuk sementara waktu karena masuk wajib militer . Super Junior memulai tur dunia mereka bertajuk Super Show 4 bulan November 2011. Single Jepang kedua grup ini, yang merupakan versi Jepang dari "Mr. Simple", dirilis tanggal 7 Desember 2011, namun pihak SM masih belum mau menganggap ini sebagai debut Jepang mereka.

Grup ini, bersama member Super Junior-M Zhou Mi dan Henry, juga merekam lagu "Santa U Are The One" untuk album 2011 Winter SMTown – The Warmest Gift, yang rilis 13 Desember 2011. Selain itu, Donghae dan Eunhyuk merilis single digital kolaborasi mereka berjudul "Oppa, Oppa" tanggal 16 December dan menampilkan single tersebut di Music Bank pada hari yang sama.

Tanggal 11 Januari, Super Junior menghadiri Golden Disk Awards ke 26, yang diadakan di Kyocera Dome di Osaka, Jepang. Pada akhirnya grup ini membawa pulang empat piala; Popularity Award, MSN Japan Award, Disk Bonsang dan penghargaan tertinggi Disk Daesang. Diikuti dengan kesuksesan mereka di Seoul Music Awards tanggal 19 Januari, dimana mereka dianugerahi Disk Bonsang dan penghargaan tertinggi Disk Daesang.

Tanggal 13 Januari, Super Junior dinobatkan sebagai 'Raja Album’ di Taiwan, setelah album ke-5 mereka, Mr. Simple dan album ke-4 Bonamana menduduki posisi pertama dan kedua di kedua bagian album dan Korean Music Chart 2012. Secara signifikan, Super Junior menduduki posisi 1 di chart K-pop KKBOX selama 64 minggu berturut-turut dimana lagu "Bonamana"dari album keempat mereka mencatat rekor terlama dalam sejarak chart K-pop KKBOX. Mereka kemudian menduduki posisi pertama dengan lagu "Mr. Simple" dari album ke-5 selama 46 minggu berturut-turut (sampai 4 Juli 2012), secara efektif mengunci diri mereka di posisi pertama Tanggal 22 Februari, Super Junior memenangkan Penghargaan Album Of The Year untuk kuartal ke-3 di Gaon Chart Awardsdan tanggal 13 Maret, Super Junior memenangkan Video K-Pop Favorit untuk "Mr. Simple" di MYX Music Awards.

Super Junior juga berhasil menyelesaikan tur dunia mereka bertajuk Super Show 4 di 10 kota di seluruh dunia antara lain Seoul, Osaka, Taipei,Singapura, Makao, Bangkok, Paris, Shanghai, Jakarta dan Tokyo selama 6 bulan. Dijumlahkan dengan  tiga tur Asia sebelumnya dan Super Show 4, konser Super Junior telah mengumpulkan tidak kurang dari 900.000 penonton.

2012–2013: Sexy, Free & Single dan tur dunia, Super Show 5

Bulan Juni 2012, SM Entertainment mengumumkan bahwa Kangin akan kembali bergabung dengan Super Junior pada album keenam, Sexy, Free & Single yang dirilis online 1 Juli dan di toko 4 Juli, 2012.[83] SM merlis video musik Sexy, Free & Single tanggal 3 Juli. Album Versi B dirilis tanggal 16 Juli, perbedaan dengan versi sebelumnya terletak pada sampulnya. Tanggal 7 Agustus, Super Junior merilis album sampul ulang Sexy, Free & Single berjudul SPY, yang berisi tambahan empat lagu baru "SPY", "Outsider", "Only U" di komposisi oleh Leeteuk dan "Haru" yang dikomposisi oleh Donghae. Video musiknya dirilis 13 Agustus.

Album ke 6 Super Junior Sexy, Free & Single menduduki posisi yang tinggi di iTunes di beberapa negara antara lain; Australia, Prancis, Peru dan Jepang, selain itu juga menduduki peringkat ke3 di Billboard World Albums. Album tersebut langsung menduduki posisi #1 di Gaon Chart Korea Selatan, dengan penjualan 335.744 kopi dalam sebulan. Bertahan di tempat pertama selama tiga minggu berturut-turut, terjual 459.182 kopi hanya dalam waktu dua minggu (Juli–Agustus). Lebih jauh, Sexy, Free & Single juga debut di posisi pertama Gaon Album Chart dengan penjualan 356.431 di tahun 2012. Super Junior menduduki posisi #1 di "Top 5 K-Pop Artists" Hanteo 2012 memenangkan Hanteo "Singer Award" dan juga menduduki posisi pertama di "Album Award" Hanteo 2012.

Sexy, Free & Single menduduki posisi pertama selama bebera minggu di chart K-pop KKBOX Taiwan dimana semua lagu masuk chart. Versi Jepang dari lagu ini yang dirilis 22 Agustus terjual 118.902 kopi, sehingga mendapatkan sertifikat emas.

Super Junior dinominasikan sebagai "Best Asian Act" di MTV Europe Music Awards. Bulan Oktober, Super Junior memenangkan penghargaan "Teen Style Icon" di Style Icon Award  dan bulamn November mereka juga memenangkan "Best Artist Group Award" di Korean Entertainment Arts Awards ke19. Tanggal 30 November, Super Junior menghadiri Mnet Asian Music Awards dan berhasil memenangkan tiga penghargaan , "Album of the Year", "Best Global Group - Male" dan "Best Line Award", dimana ini merupakan tahun kedua berturut-turut mereka memenangkan "Album of the Year". Film 3D Super Show 4 dianugerahi "Work of Art Award" di International 3D Festival bersama Glam menjadi satu-satunya artis yang memenangkan penghargaan ini Tanggal 15 Januari Super Junior kembali memenangkan "Disk Daesang" di 27th Golden Disk Awards, ini menjadi "Disk Daesang" ketiga yang dimenangkan Super Junior, dan kedua berturut-turut (menang tahun 2011 untuk "Mr Simple").

Super Junior mengumumkan tur dunia mereka bulan Februari 2013. “Tur Dunia, Super Show 5" dimulai bulan Maret di Seoul. Kemuduian grup ini pergi ke Tiongkok, Jepang, America Utara dan Eropa.

Tanggal 10 November, Eunhyuk, Kangin, Siwon, dan Kyuhyun menyelenggarakan kuliah khusus di Universitas Oxford . Kuliah khusus mereka berjudul 'Super Junior: The Last Man Standing' bertempat di ruangan debat Oxford. Mereka menjadi pembicara di acara ini, yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Oxford University Korea Society (OUKS), Oxford University Asia-Pacific Society (OUAPS), dan Oxford Union.

2014: Mamacita dan tur dunia, Super Show 6

Bulan Agustus 2014, SM Entertainment mengumumkan bahwa Leeteuk dan Heechul akan kembali bergabung dengan Super Junior untuk album ketujuh mereka, Mamacita yang dirilis secara online tanggal 29 Agustus dan di toko 1 September. Hanya tiga hari penjualan, 'Mamacita' berada di peringkat No.1 chart Album Dunia Billboard.

Super Junior memulai tur dunia bertajuk Super Show 6 bulan September 2014, dimulai dari Seoul. Super Junior sukses menggelar konser selama tiga hari di Jamsil Arena, Seoul dari tanggal 19-21 September 2014 dan mencatat tur konser ke100 tanggal 21 September 2014. Super Junior adalah artis Korea pertama yang tampil di 100 konser di serluruh dunia.

Tanggal 27 Oktober, Super Junior merilis edisi sampul dari Mamacita berjudul This Is Love. Yang berisi total 13 lagu, terdiri dari 9 lagu dari album ke7 dan versi aransemen ulang "This Is Love (Versi Panggung) dan tiga lagu tambahan. This Is Love berada di posisi pertama real time chart di Hanteo, Sinnara Records dan lainnya begitu dirilis.

2015–sekarang: Devil, Magic dan Label SJ

Tanggal 8 Juli 2015, SM Entertainment mengumumkan bahwa Yesung akan bergabung kembali dengan Super Junior untuk album khusus, Devil yang dirilis secara online dan mulai tersedia di toko tanggal 16 Juli dalam rangka untuk merayakan ulang tahun ke10 grup ini. Lagu tersebut berada di posisi No.1 chart iTunes di 10 negara dan juga menerima pujian dari Billboard sebagai "Lagu Terbaik Sepanjang Tahun" dari grup ini. Album ini juga menjadi album dengan penjualan terbaik pada minggu tersebut di United World Charts.

Super Junior pertama kali memperkenalkan lagu-lagunya di konser ulangan Super Show 6 di Seoul, selama dua hari mulai tanggal 11-12. Super Junior menampilkan 4 lagu dari album tersebut, yaitu "Devil", "We Can", "Don't Wake Me Up" dan "Alright".  Tanggal 16 Agustus, Super Junior memenangkan 2 penghargaan, "International Arist" dan "Best Fandom" di Teen Choice Awards. Tanggal 18 Agustus, Kibum (yang berhenti untuk sementara sejak 2009) mengumumkan kepergiannya dari SM Entertainment dan Super Junior via instagram.

Tanggal 10 September 2015, SM Entertainment mengumumkan bahwa Super Junior akan merilis bagian 2 dari album spesial ulang tahun ke10 mereka, Magic pada 16 September. Album tersebut direncanakan sebagai ucapan terima kasih kepada penggemar yang yang telah mencintai dan mendukung grup ini. Album ini terdiri dari 10 lagu yang telah ada di album Devil ditambah 4 lagu baru yaitu "Magic", "You Got It", "Dorothy" dan "Sarang". Ini merupakan album yang dirilis terakhir kali sebelum Eunhyuk, Donghae dan Siwon masuk wajib militer.


Pada tanggal 6 November, bertepatan dengan ulang tahun Super Junior ke10, SM Entertainment mengumumkan bahwa Super Junior akan memiliki manajemen label sendiri, bernama Label SJ. SM menyatakan, “Kami mendirikan Label SJ untuk memberikan Super Junior dukungan sepenuh hati dan sistem yang ideal untuk memanaj grup tersebut.” Meskipun label baru ini berada di bawah SM, tapi akan mandiri dan bertanggung jawab sepenuhnya untuk manajemen Super Junior, memproduksi album-album mereka dan alktifitas semua grup, unit dan individu.

Cr : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar